Minggu, 05 Mei 2013

publik


NAMA           : ZULFANZAR
NIM                : 110240020
JURUSAN     : ILMU KOMUNIKASI (Pr/a)
FAKULTAS : ILMU SOSIAL POLITIK
 

PENGERTIAN PUBLIC
Pada dasarnya kata publik sudah tidak asing bagi kita, karena hampir setiap hari kita mendengar kata publik dari berbagai media massa , seperti televise, radio, surat kabar (koran), tabloid, majalah. Kata publik sebenarnya identik dengan masyarakat. Namun dalam ringkasan ini akan dijelaskan definisi atau pengertian publik menurut ahli atau pakar, sehingga definisi atau pengertian public tersebut dapat diterima berbagai pihak. Apa definisi atau pengertian public? Mayor Polak (Sunarjo, 1984:19) memberikan definisi atau pengertian publik ( khalayak ramai) adalah sejumlah orang yang mempunyai minat sama terhadap suatu persoalan tertentu. Mempunyai minat yang sama tidak berarti mempunyai pendapat yang sama. Dengan demikian, publik adalah sejumlah orang yang berminat dan merasa tertarik terhadap suatu masalah dan berhasrat mencari suatu jalan keluar dengan mewujudkan tindakan yang konkret. Sedangkan definisi atai pengertian publik menurut Soekamto adalah kelompok yang tidak merupakan kesatuan. Interaksi terjadi secara tidak langsung melalui media komunikasi baik media komunikasi secara umum misalnya pembicaraan secara pribadi, desas-desus, melalui media komunikasi massa misalnya surat kabar, radio, televisi, dan sebagainya. Bogadus mengatakan bahwa publik itu adalah sejumlah besar orang antara yang satu dengan yang lain tidak saling mengenal, akan tetapi semuanya mempunyai perhatian dan minat yang sama terhadap suatu masalah (Sumarno, 1990:24). Herbert Blumer (Sastropoetro, 1990:108) mengemukakan ciri-ciri public sebagai berikut: (1). Dikonfrontasikan atau dihadapkan pada suatu isu; (2) Terlibat dalam diskusi mengenai isu tersebut; (3). Memiliki perbedaan pendapat tentang cara mengatur isu.
Publik adalah sekelompok orang (atau satu orang) yang jelas, yang menjalin atau harus menjalin hubungan istimewa dengan perusahaan. Dalam definisi sederhana, publik juga bisa diartikan sebagai banyak orang atau juga umum. Seperti makna dari ruang publik, konsumsi publik, dan lain sebagainya. 
Berikut ini adalah pengertian dan definisi publik: 
# NIELS MULDER
Publik adalah pihak yang menerima, dan karena pembangunan ekonomi adalah tujuan kebijakan yang paling menonjol, maka bisnis dan negara atau politik uanglah yang menjadi pemain utama dalam gelanggang politik 
ü  IMMANUEL KANT
Publik bukan lagi para pejabat atau institusi politis, melainkan masyarakat warga (civil society) yang kritis dan berorientasi pada kepentingan moral universal umat manusia
ü  SUKADJI G
Publik adalah sejumlah orang, yang dalam kesempatan tertentu, di tempat tertentu, akan berkomunikasi dengan kita
ü  LATIPAH HENDRATI
Publik adalah komunitas masyarakat tertentu
ü  BAMBANG SUGIHARTO & AGUS RACHMAT W
Publik adalah segala hal serentak bukan apap pun juga, kekuatan yang paling berbahaya serentak sesuatu yang paling tak bermakna, orang bisa saja bicara atas nama publik, tetapi tetap publik itu bukan sosok nyata siapa pun
ü  MARHAWNI RIA SIOMBO
Publik adalah masyarakat umum sebagai anggota dari warga masyarakat dalam negar 
ü  VAN DEN END
Publik adalah sekelompok orang yang jelas
ü  BILSON SIMAMORA
Publik adalah semua pihak yang peduli dengan perusahaan dan pendapatnya dapat mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan

ü  PAULINE PUDJIASTUTI
Publik adalah orang - orang yang ada di luar keanggotaan, yang juga sangat mungkin tertarik pada isu yang akan dinaikkan
EMPAT KELOMPOK PUBLIC

KONSUMEN 
            Adalah public yang menerima produk atau jas dari perusahaan tertentu, misalnya kosumen dan calon konsumen,pembeli,klien,pelajar dll
Katagori konsumen juga meliputi meraka apa yang di sebut dengan istilah konstituen bayangan (shadow)
            yaitu mereka yang kemungkinkan tidak memeiliki hubungan langsung dengan produk atau jasa sebuah perusahaan
            misalnya  : ketika mas sulit tiba lembaga bantuan dana akan melakukan pengurangan bantuan hinah yang di berikan kepada sektor seni akan melakukan protes kepada lembaga donor tersebut karena menganggap lembaga tersebut menambah beban yang harus mereka pikul.

PRODUSEN
            Adalah publik yang memberikan input kepada perusahaan. meliputui karyawan,sukarelawan dan asosiasi
            yaitu produsen yang memerlukan material seperti supplier,produsen dari golongan pemilik sumberdaya seperti banker,donatur dan pemegang saham.

PERANCANG
            Adalah publik yang berfungsi pengatur melalui seting normal atau standar bagi perusahaan (seprti asosiasi atau departemen pemerintah),pemimpin tertentu yang memiliki pengaruh besar terhadap konsumen (misalnya pialang dan analisis).

PEMBATAS
            Adalah publik yang dalam kondisi tertentu mampu mengurangi atau menghambat keberhasilan perusahaan (seperti kompetitor,pesaing dan kekuatan lain yang berbahaya.



            PUBLIK DAPAT DI BEDAKAN KEDALAM KATEGORI BERIKUT

1. Non publik
            Yaitu mereka yang tidak mempengaruhi atau terpengaruh oleh organisasi
            Sebagai contoh:
            seorang pengecer yang terdapat di bandung tidak akan memiliki pengaruh dan tidak          akan di
            pengaruhi oleh publik yang ada di bogor
2. Publik laten
            Yaitu kelompok yang menghadapi masalah tertentu sebagai akibat tindakan           perusahaan,
            namun mareka tidak mengetahui akibat tersebut sebagai produk perusahaan
            Sebagai contih :
            Sebuah perusahaan tertentu yang melakukan perluasan bisnis akan menambah        kemacetan
            jalur lalulintas setempat, namun pemerintah lokal tersebut tidak menyadarinya.
3. Publik sadar
            Yaitu mereka yang mengetahui bahwa terdapat masalah
            Sebagai contoh :
            Perusahaan yang akan memperluas bisnis di atas di ketahui oleh pemerintah lokal   setempat
            melalui surat kabar yang memberitakan perluasan perusahaan tersebut.
4. Publik apatis
            Yaitu publik yang pada dasarnya tidak peduli dengan seluruh permasalahan dan    secara
            umum tidak termasuk publik.
5. Publik aktif
            Yaitu kelompok melakukan sesuatu terhadap masalah tertentu
            Sebagai contoh :
            masyarakat yang melakukan pemblokiran jalan di mana perusahaan yang memperluas         jaringan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar