NAMA :
ZULFANZAR
NIM :
110240020
JURUSAN : ILMU
KOMUNIKASI (Pr/a)
FAKULTAS : ILMU
SOSIAL POLITIK
PENGERTIAN PUBLIC
Pada dasarnya kata publik
sudah tidak asing bagi kita, karena hampir setiap hari kita mendengar kata
publik dari berbagai media massa , seperti televise, radio, surat kabar
(koran), tabloid, majalah. Kata publik sebenarnya identik dengan masyarakat.
Namun dalam ringkasan ini akan dijelaskan definisi atau pengertian publik
menurut ahli atau pakar, sehingga definisi atau pengertian public tersebut
dapat diterima berbagai pihak. Apa definisi atau pengertian public? Mayor Polak
(Sunarjo, 1984:19) memberikan definisi atau pengertian publik ( khalayak ramai)
adalah sejumlah orang yang mempunyai minat sama terhadap suatu persoalan
tertentu. Mempunyai minat yang sama tidak berarti mempunyai pendapat yang sama.
Dengan demikian, publik adalah sejumlah orang yang berminat dan merasa tertarik
terhadap suatu masalah dan berhasrat mencari suatu jalan keluar dengan
mewujudkan tindakan yang konkret. Sedangkan definisi atai pengertian publik
menurut Soekamto adalah kelompok yang tidak merupakan kesatuan. Interaksi
terjadi secara tidak langsung melalui media komunikasi baik media komunikasi
secara umum misalnya pembicaraan secara pribadi, desas-desus, melalui media
komunikasi massa misalnya surat kabar, radio, televisi, dan sebagainya. Bogadus
mengatakan bahwa publik itu adalah sejumlah besar orang antara yang satu dengan
yang lain tidak saling mengenal, akan tetapi semuanya mempunyai perhatian dan
minat yang sama terhadap suatu masalah (Sumarno, 1990:24). Herbert Blumer
(Sastropoetro, 1990:108) mengemukakan ciri-ciri public sebagai berikut: (1).
Dikonfrontasikan atau dihadapkan pada suatu isu; (2) Terlibat dalam diskusi
mengenai isu tersebut; (3). Memiliki perbedaan pendapat tentang cara mengatur
isu.
Publik adalah sekelompok orang (atau satu orang) yang
jelas, yang menjalin atau harus menjalin hubungan istimewa dengan perusahaan.
Dalam definisi sederhana, publik juga bisa diartikan sebagai banyak orang atau juga
umum. Seperti makna dari ruang publik, konsumsi publik, dan lain
sebagainya.
Berikut
ini adalah pengertian dan definisi publik:
# NIELS MULDER
Publik adalah pihak yang menerima, dan karena
pembangunan ekonomi adalah tujuan kebijakan yang paling menonjol, maka bisnis
dan negara atau politik uanglah yang menjadi pemain utama dalam gelanggang
politik
ü
IMMANUEL KANT
Publik bukan lagi para pejabat atau institusi politis,
melainkan masyarakat warga (civil society) yang kritis dan berorientasi pada kepentingan
moral universal umat manusia
ü
SUKADJI G
Publik adalah sejumlah orang, yang dalam kesempatan
tertentu, di tempat tertentu, akan berkomunikasi dengan kita
ü
LATIPAH HENDRATI
Publik adalah komunitas masyarakat tertentu
ü
BAMBANG SUGIHARTO & AGUS RACHMAT W
Publik adalah segala hal serentak bukan apap pun juga,
kekuatan yang paling berbahaya serentak sesuatu yang paling tak bermakna, orang
bisa saja bicara atas nama publik, tetapi tetap publik itu bukan sosok nyata
siapa pun
ü
MARHAWNI RIA SIOMBO
Publik adalah masyarakat umum sebagai anggota dari
warga masyarakat dalam negar
ü
VAN DEN END
Publik adalah sekelompok orang yang jelas
ü
BILSON SIMAMORA
Publik adalah semua pihak yang peduli dengan
perusahaan dan pendapatnya dapat mempengaruhi pencapaian sasaran perusahaan
ü
PAULINE PUDJIASTUTI
Publik adalah orang - orang yang ada di luar
keanggotaan, yang juga sangat mungkin tertarik pada isu yang akan dinaikkan
EMPAT
KELOMPOK PUBLIC
KONSUMEN
Adalah public yang menerima produk atau jas dari perusahaan tertentu, misalnya kosumen dan calon konsumen,pembeli,klien,pelajar dll
Katagori konsumen juga meliputi meraka apa yang di sebut dengan istilah konstituen bayangan (shadow)
yaitu mereka yang kemungkinkan tidak memeiliki hubungan langsung dengan produk atau jasa sebuah perusahaan
misalnya : ketika mas sulit tiba lembaga bantuan dana akan melakukan pengurangan bantuan hinah yang di berikan kepada sektor seni akan melakukan protes kepada lembaga donor tersebut karena menganggap lembaga tersebut menambah beban yang harus mereka pikul.
PRODUSEN
Adalah publik yang memberikan input kepada perusahaan. meliputui karyawan,sukarelawan dan asosiasi
yaitu produsen yang memerlukan material seperti supplier,produsen dari golongan pemilik sumberdaya seperti banker,donatur dan pemegang saham.
KONSUMEN
Adalah public yang menerima produk atau jas dari perusahaan tertentu, misalnya kosumen dan calon konsumen,pembeli,klien,pelajar dll
Katagori konsumen juga meliputi meraka apa yang di sebut dengan istilah konstituen bayangan (shadow)
yaitu mereka yang kemungkinkan tidak memeiliki hubungan langsung dengan produk atau jasa sebuah perusahaan
misalnya : ketika mas sulit tiba lembaga bantuan dana akan melakukan pengurangan bantuan hinah yang di berikan kepada sektor seni akan melakukan protes kepada lembaga donor tersebut karena menganggap lembaga tersebut menambah beban yang harus mereka pikul.
PRODUSEN
Adalah publik yang memberikan input kepada perusahaan. meliputui karyawan,sukarelawan dan asosiasi
yaitu produsen yang memerlukan material seperti supplier,produsen dari golongan pemilik sumberdaya seperti banker,donatur dan pemegang saham.
PERANCANG
Adalah publik yang berfungsi pengatur melalui seting normal atau standar bagi perusahaan (seprti asosiasi atau departemen pemerintah),pemimpin tertentu yang memiliki pengaruh besar terhadap konsumen (misalnya pialang dan analisis).
PEMBATAS
Adalah publik yang dalam kondisi tertentu mampu mengurangi atau menghambat keberhasilan perusahaan (seperti kompetitor,pesaing dan kekuatan lain yang berbahaya.
PUBLIK DAPAT DI BEDAKAN KEDALAM KATEGORI BERIKUT
1. Non publik
Yaitu mereka yang tidak mempengaruhi atau terpengaruh oleh organisasi
Sebagai contoh:
seorang pengecer yang terdapat di bandung tidak akan memiliki pengaruh dan tidak akan di
pengaruhi oleh publik yang ada di bogor
2. Publik laten
Yaitu kelompok yang menghadapi masalah tertentu sebagai akibat tindakan perusahaan,
namun mareka tidak mengetahui akibat tersebut sebagai produk perusahaan
Sebagai contih :
Sebuah perusahaan tertentu yang melakukan perluasan bisnis akan menambah kemacetan
jalur lalulintas setempat, namun pemerintah lokal tersebut tidak menyadarinya.
3. Publik sadar
Yaitu mereka yang mengetahui bahwa terdapat masalah
Sebagai contoh :
Perusahaan yang akan memperluas bisnis di atas di ketahui oleh pemerintah lokal setempat
melalui surat kabar yang memberitakan perluasan perusahaan tersebut.
4. Publik apatis
Yaitu publik yang pada dasarnya tidak peduli dengan seluruh permasalahan dan secara
umum tidak termasuk publik.
5. Publik aktif
Yaitu kelompok melakukan sesuatu terhadap masalah tertentu
Sebagai contoh :
masyarakat yang melakukan pemblokiran jalan di mana perusahaan yang memperluas jaringan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar