Sabtu, 06 April 2013


Nama                   : Usmandani
Nim                      :110240004
Ruang                  :PR/A
Mata kuliah                  : Manajemen PR

DEFINISI
            Definisi manajemen PR manajemen humas (hubungan masyarakat) merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang non komersial. Manajemen PR berarti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi.
            Betuk kegiatan komunikasi bisa berupa kegiatan kecil sampai pada kegiatan yang sangat komplek seperti konferensi pers dengan menggunakan satelit.





 RUANG LINGKUP MANAJEMEN PR
ü  Manajemen terhadap keseluruhan kegiatan kehumasan yang di lakukakan oleh organisasi
ü  Manajemen terhadap atau berupa kegiatan kegiatan kehumasan misalnya pengelolaan peistiwa Khusus , pengelolaan penerbitan internal , pengelolaan kunjungan perusahaan oleh wartawan ,pengolaan konfersi pers dan yang lain lai






MANAJEMEN PR MENURUT PARA AHLI
Komunikasi manajemen adalah hal yang paling pokok atau nomor satu, hal ini sesuai dengan pendapat GR Terry “Management is a communication”, yaitu dalam hal penyampaian instruksi di satu pihak, dan pelaksanaan kewajiban di lain pihak.
Mc Elreath  adalah Praktisi PR dituntut kemempuannya untuk mengkoordinasikan atau mengelola pemanfaatan sumber daya organisasi untuk penyelenggaraan komunikasi 2 arah antara organisasi dan publiknya. Kaitan antara PR dengan konsep manajemen menghasilkan pemahaman akan pentingnya public relations,

TUJUAN MANAJEMEN DALAM PUBLIC RELATIONS

Tujuan Manajemen dalam PUBLIC RELATIONS :
- Mampu mengontrol setiap permasalahan yang ada dalam organisasi
-Menempatkan sasaran dengan akurat dan tepat pada tujuan
-Mengatur setiap tindakan yang akan dilaksanakan
-Mampu mengkomunikasikan dan mengontrol organisasi secara benar
-Melihat dari tindakan verbal dan nonverbal

KASUS

Kasus yang terjadi dalam manejemen PUBLIC RELATIONS
Terjadinya kesalahpahaman antar pribadi, seorang kepala keuangan dengan pihak birokrasi alhasil seorang PR yang tidak mampu dan tidak mempunyai sistem manajemen kondisi akan bertambah rumit ketika masalah itu diketahui oleh public. Karna dalam kasus itu dia tidak mampu mengubah situasi yang buruk menjadi baik dimata masyarakat.






PERBEDAAN

PUBLIC RELATIONS;
Proses membuat sesuatu tulisan atau gambaran yang ketika dilihat oleh public akan menjadi daya tarik dan mampu menguntungkan organisasi yang di handel oleh PR tersebut.

MANAGEMEN PR
Mengubah tatacara atau pandangan PUBLIC terhadap suatu prilaku atau kondisi dalam organisasi agar bisa diterima oleh PUBLIC, dia mampu mengatur dalam situasi yang rumit hingga berubah menjadi bagus dikhalayak umum.


PERENCANAAN
Merupakan tujuan jangka panjang yang telah diatur sedemikian rupa hingga mencapai pada target dan sasaran yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar